8 Jenis Rumah Tempat Tinggal

Jenis Rumah Tempat Tinggal – Siapa sih yang tak tau apa itu tempat tinggal? Tentunya semua orang tau jika tempat tinggal itu adalah rumah yang kini kita tempati. Tujuan utama tempat tinggal pastinya sebagai tempat melindungi diri dari dunia luar, seperti hujan, panas dan ancaman kejahatan. Berbicara mengenai kejahatan, ternyata kejahatan bisa juga terjadi di dalam rumah loh gaes. Maka dari itu, sebaiknya kita harus memiliki beberapa alat pengaman rumah. Agar anda tau apa saja alat yang di butuhkan itu, silahkan baca 5 Alat Keamanan Rumah Yang Harus Di Miliki.

Namun kebanyakan orang tidak pernah berfikir jika tempat tinggal ternyata juga memiliki beberapa jenis. Padahal mengetahui jenis-jenis tempat tinggal dapat membantu anda memberikan pengetahuan apabila anda ingin membangun sebuah rumah nantinya. Jenis rumah tinggal berikut bisa menjadi referensi serta sumber pengetahuan anda dalam mengenali bentuk dan model tempat tinggal.

1. Rumah Tinggal Tunggal (Detached)

Rumah tinggal tunggal atau yang sering disebut sebagai rumah terpisah merupakan rumah tinggal yang terpisah dari rumah lainnya atau berdiri sendiri. Rumah jenis ini biasanya hanya digunakan untuk satu keluarga saja dan jaraknya berjauhan antara rumah yang satu dengan rumah lainnya.

Yang termasuk ke dalam rumah jenis ini contohnya seperti villa, bungalow, mansion dan juga cottage. Rumah tinggal tunggal ini umumnya dibangun di atas tanah yang lebih luas dan biasanya dikeliliingi yard atau halaman yang luas pula. Ada juga rumah tunggal green house, nah anda bisa mengetahui cara membuat green house dengan sangat mudah.

2. Rumah Tinggal Koppel (Semi Detached)

Rumah tinggal kopel adalah rumah tinggal tunggal yang dipisah atau disekat oleh satu dinding dan ukurannya sama besar antara kanan dan kiri. Jika dilihat secara detail, jenis rumah ini akan terlihat seperti memiliki satu konsep desain padahal sebenarnya memang ada dua rumah.

Di negara kita sendiri, ada beberapa jenis bangunan yang memakai jenis rumah kopel ini. Contohnya bangunan peninggalan Belanda yang berada di perkebunan teh di Jawa Barat misalnya daerah Garut dan Bandung. Konsep rumah ini umumnya dibangun untuk menghemat lahan.

3. Rumah Tapak

Kenapa disebut rumah tapak? Karena bangunan rumah ini langsung menapak dengan tanah. Pada masa sebelumnya, jenis rumah tapak ini bangunannya terpisah antara rumah yang satu dengan rumah yang lain.

Namun, seiring berjalannya waktu dan harga tanahpun semakin mahal maka rumah tapak ini dibangun berdampingan bersama rumah yang lain. Artinya antara dinding rumah yang satu dengan lainnya bergandengan atau berderet. Tetapi dinding seperti itu rawan retak, oleh karena itu kenali penyebab dinding rumah retak struktur agar bisa menanganinya sedini mungkin.

4. Rumah Kota (Town House)

Rumah kota merupakan rumah gandeng yang dikenal sebagai apartemen horizontal dikarenakan bentuk bangunan rumah ini sama persis baik dari dalam maupun luarnya. Biasanya, di dalam komplek town house ini disediakan fasilitas umum seperti taman, minimarket, tempat ibadah, tempat olahraga dan fasilitas lainnya yang dapat digunakan oleh semua keluarga yang tinggal di komplek tersebut. Rumah kota ini menyuguhkan kenyamanan yang begitu tinggi.

5. Cluster

Perumahan cluster adalah komplek perumahan yang dibangun secara berkelompok disuatu lingkungan tertentu dan bentuk rumahnya dibangun serasi. Dalam lingkungan perumahan cluster ini dibangun beberapa rumah dengan type sama dan fasilitas umum yang dibangun khusus untuk warga yang tinggal di perumahan tersebut. Rumah jenis ini memiliki persamaan dengan town house, bedanya rumah cluster mempunyai pagar sedangkan town house tidak.

6. Apartemen

Dilihat dari bentuk bangunannya, apartemen hampir mirip dengan rumah susun. Hanya saja bangunan ini terlihat lebih mewah dan dibangun di tengah kota yang letaknya dekat dengan perkantoran dan pusat kegiatan lainnya.

Di sebuah apartemen juga dilengkapi berbagai fasilitas yang sangat bermanfaat bagi penghuninya seperti pusat perbelanjaan, arena bermain, pusat kebugaran dan fasilitas lainnya.

7. Indekos

Indekos adalah hunian yang disewakan sebagai tempat tinggal oleh seorang pendatang dari tempat/kota lain. Umumnya indekos atau yang sering disebut sebagai kostan ini berada di dalam rumah. Biasanya merupakan rumah yang terdiri dari beberapa kamar.

8. Kondotel (Kondominium Hotel)

Kondotel adalah jenis hunian apartemen namun pelayanan dan fasilitasnya meyerupai hotel. Pada awalnya hunian ini telah populer di Amerika Serikat sebagai bangunan mewah yang dimiliki oleh perorangan layaknya apartemen. Ketika si pemilik sudah tidak menempati kondotel ini maka tempat ini pun akan disewakan seperti hotel.

Itulah beberapa jenis tempat tinggal yang bisa anda ketahui.

Gambar Gravatar
Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.