5 Jenis Rumput Taman Cocok Di Gunakan

Jenis Rumput Taman – Agar rumah terlihat lebih indah lagi jika di pandang dari luar, tentunya hal itu bisa anda lakukan dengan membuat taman di depan rumah. Jika anda telah memiliki taman tersebut, jangan lupa untuk mengisi taman itu dengan berbagai macam tanaman indah seperti bunga. Nah mau tidur-tiduran di taman juga, tentu saja itu bisa di lakukan.

Baca juga: Tips Mendesain Taman Di Depan Rumah

Takut kotor terkena tanah di taman? Kalau begitu anda bisa menanamkan rumput di taman yang anda miliki. Pastinya tanah itu akan tertutupi karena adanya rumput-rumput yang indah. jika ingin menanam rumput di rumah, anda perlu mengetahui jenis rumput taman yang tepat untuk digunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis rumput taman di rumah, yakni :

1. Rumput golf

Dikatakan sebagai rumput golf karena memang biasanya rumput ini digunakan pada lapangan golf. Rumput golf memiliki ukuran yang pendek sehingga tampilan halaman secara keseluruhan akan menjadi lebih cantik, indah dan terlihat lebih luas. Namun untuk penerapan di rumah tinggal, cukup jarang orang yang menggunakan jenis rumput ini. Jika memang ada yang menggunakan, biasanya rumput ini hanya digunakan sebagai contoh produk properti.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan harga bibir rumput golf terbilang cukup mahal serta proses perawatannya pun rumit. Apabila Anda tetap bersikekeuh untuk menggunakan jenis rumput ini, maka rumput perlu dipangkas minimal 2 minggu sekali serta membutuhkan asupan pencahayaan sinar matahari 100%. Jangan lupa, rumput ini tidak terlalu tahan diinjak, lho!

2. Rumput swiss

Jenis rumput ini juga terbilang mahal dibandingkan dengan jenis rumput lainnya. Hal ini dikarenakan rumput swiss memiliki permukaan yang lebih halus dan tampilan yang paling indah. Apabila Anda menggunakan jenis rumput ini di halaman rumah, pastikan Anda memiliki banyak waktu luang untuk merawat rumput ini.

Pasalnya rumput swiss membutuhkan setidaknya 80% pencahayaan dengan pemangkasan dilakukan minimal sebulan sekali. Pemberian pupuk juga perlu dilakukan secara rutin agar kualitas rumput tetap terjaga. Pastikan rumput tidak ditanam di tempat yang memiliki suhu terlalu lembab supaya rumput tidak membusuk.

3. Rumput perking

Dari segi tampilan, jenis rumput perking hampir menyerupai dengan rumput jepang. Walaupun sebenarnya, kedua rumput ini sangatlah berbeda. Perbedaan ini dapat terlihat dari bentuk helaian daun serta teksturnya. Rumput perking memiliki helaian daun yang tumbuh jarang serta permukaannya jauh lebih lembut dibandingkan dengan rumput jepang. Hasil akhir dari penanaman rumput ini juga jauh lebih rapi dan mewah. Maka dari itu, dari segi harga pun rumput peking jauh lebih mahal dibandingkan dengan rumput jepang.

4. Rumput gajah lokal

Rumput gajah lokal biasanya tumbuh di daerha hutan belantara. Karena keindahan yang dimilikinya, rumput ini dapat pula di tanaman dipekarangan rumah. Salah satu kelebihan yang dimiliki rumput gajah lokal adalah daya tahannya terhadap berbagai kondisi cuaca serta pijakan kaki. Meski demikian, dari segi tampilan rumput gajah lokal tidak terlalu memiliki daya tarik.

5. Rumput gajah mini

Bisa dikatakan rumput gajah mini kini paling paling populer di pasaran saat ini. Meningkatnya popularitas rumput gajah mini ini disebabkan oleh perawatannya yang mudah. Selain itu, rumput gajah mini juga memiliki ukuran yang jauh lebih kecil serta permukaan yang begitu halus.

Gambar Gravatar
Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.