Tips Mengatasi Udara Panas Di Dalam Rumah

Tips Mengatasi Udara Panas Di Dalam Rumah

Mengatasi Udara Panas Di Dalam Rumah – Iklim cuaca yang panas tentunya sangat berpengaruh dengan kondisi udara yang ada di dalam ruangan rumah. Selain itu faktor elemen interior ruangan ataupun faktor exterior bangunan dan faktor-faktor lainnya juga mempengaruhi ruangan menjadi semakin panas. Seorang pakar yang bernama Tri Harso Karyono memberikan sebuah teori mengenai perbandingan termperatur ideal yang ada di dalam rumah adalag sebagai berikut: “Jika suhu udara diluar ruangan pada siang hari berada dikisaran 32 derajat, maka idealnya suhu didalam ruangan harus berada dikisaran 26-28 derajat”.

Baca juga: Fungsi Utama Gorden Di Dalam Rumah Yang Perlu Di Ketahui

Nah jika rumah yang anda tinggal saat ini memiliki suhu sesuai dengan yang di katakan oleh pakar itu, tentuny anda harus sesegera mungkin untuk mengatasinya. Tujuanya tak lain adalag agar udara yang ada di rumah anda semakin sejuk. Namun pada umumnya setiap penghuni rumah akan menggunkan sistem pendingin / AC untuk mengatasi hal tersebut. Lantas bagaiman jika anda tak memiliki AC di dalam rumah? Nah di bawah ini ada beberapa tips untuk mengatasi agar udara yang ada di dalam rumah tak panas.

Gunakan Kipas Angin Sebagai Pengganti AC

Seperti yang kita ketahui, kipas angin merupakan salah satu alat yang akan memberikan kesejukan bagi tubuh/ruangan rumah anda, namun cara kerjanya saja yang berbeda dengan AC. Jika AC dapat menyejukan ruangan dengan memberikan hawa yang dingin, berbeda dengan Kipas angin yang meniupkan angin kencang agar tubuh tak merasa gerah ataupun kepanasan.

Biarkan Pintu Rumah Terbuka

Posisikan pintu rumah anda selalu terbuka sesering mungkin. Hal ini untuk menjaga agar sirkulasi udara dirumah anda dapat selalu berganti secara berkala. Dengan cara ini, selain anda akan selalu mendapatkan udara segar, ruangan anda pun akan selalu sejuk dan dingin. Bahkan pada malam hari, suhu udara dapat berbalik turun dengan otomatis dibandingkan dengan suhu di siang hari yang cenderung lebih panas. Gunakan kesempatan ini juga untuk membiarkan udara segar masuk ke ruangan sebelum anda tidur, agar suhu ideal ruangan dapat tetap terjaga.

Ganti Penggunaan Lampu Pijar

Cara mengatasi udara panas di dalam rumah yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengganti penggunaan lampu pijar dengan menggunakan lampu fluoresen. Hal ini selain akan membuat tagihan biaya listrik anda menjadi lebih murah, panas di ruangan anda pun akan menjadi berkurang. Lampu pijar akan menghabiskan 90% energi dalam panas yang dipancarkan. Sedangkan Lampu Floresen menghabiskan lebih sedikit energi panas yang dipancarkan.

Penggunaan Turbin Ventilator

Apabila anda mempunyai dana yang cukup, anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan turbin ventilator pada bagian atap rumah anda. Turbin ini bersifat sebagai penangkap angin melalui baling-baling sirip yang dimiliki, untuk selanjutnya udara dialirkan kedalam ruangan agar suhu ruangan menjadi sejuk.

Perbanyak Tanaman Hijau

Tanaman hijau sangat berguna untuk mengurangi pemanasan global. Apabila anda mempunyai banyak tanaman hijau yang rindang, akan dapat dipastikan ruangan didalam rumah akan menjadi lebih sejuk. Anda pun dapat menggunakan tanaman merambat atau tanaman dalam pot sebagai pengganti pohon yang rindang, jika tidak mempunyai lahan yang luas. Fungsi lain dari tanaman selain sebagai penghijauan dan memberikan suasana yang sejuk pada ruangan, adalah juga bermanfaat sebagai pemasok oksigen yang berguna bagi anda.