Tips Mendesain Rumah Sempit Dan Memanjang

Tips Mendesain Rumah Sempit Dan Memanjang

Tips Mendesain Rumah Sempit Dan Memanjang – Dalam mendekor rumah yang memerlukan usaha yang penuh adalah pada saat mengatur bagian ruangan rumah yaitu ruang tamu yang sempit dan panjang. Dengan memiliki rumah yang panjang akan membuat rumah akan terlihat seperti jalan dalam sebuah gang, sehingga akan membuat mata pemilik rumah tidak tenang melihatnya. Akan terlihat sangat unik jika rumah bagian dalam yang panjang tidak di isi dengan perabotan. Namun ada banyak cara untuk mengatur rumah yang sempit dan panjang dengan cara mendesain ulang rumah tersebut. Berikiut tips mendesain rumah sempit dan memanjang.

Baca juga: Hiasan Dinding Yang Cocok Untuk Ruang Tamu

Buat Area Khusus Lalu Lalang

Di setiap rumah sempit yang panjang, sangat penting untuk membuat jalan khusus untuk lalu lalang. Hal ini bisa sulit untuk interior sempit. Kita tentu tidak ingin ada orang yang tersandung perabot atau harus berjalan di ruangan yang dipenuhi barang-barang, itulah sebabnya kita perlu menyediakan area khusus untuk jalan dalam rumah. Jika memungkinkan tempatkan jalan di salah satu sisi ruangan, bukan tepat di tengah untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman.

Jangan Menempatkan Semua Funiture Di Dinding

Bila Anda mengatur perabotan, jangan memaksakan semuanya ke sisi dinding. Paling tidak pada salah satu sisi ruangan, Anda bisa menempatkan furnitur agak menjauh dari dinding dan berada di tengah ruangan. Teknik ini akan menciptakan area tempat duduk yang lebih luas ketika dikombinasikan dengan dengan jalan khusus di atas. Bila semua perabotan ditempatkan ke dinding maka bisa memberi dampak ruangan semakin sempit.

Manfaatkan Bentuk Lingkaran atau Oval

Salah satu cara terbaik untuk menghindari efek terowongan adalah dengan menggunakan furnitur dengan tepi yang lembut atau bundar. Meja melingkar di tengah area tempat duduk bisa memberikan kesan yang lebih kalem dan tidak kaku. Hiasan lampu bundar, sandaran kursi melingkar dan perlengkapan lain dengan bentuk lingkaran atau oval mampu mengurangi efek terowongan pada ruangan sempit memanjang.

Membagi Ruangan

Jika ruangan cukup panjang, Anda bisa membaginya menjadi area yang terpisah. Teknik ini biasa disebut dengan partisi. Kedua area bisa menjadi tempat dengan fungsi yang berbeda, misalnya ruang tamu dan ruang tengah, ruang tamu dan ruang kerja, dan lainnya sesuai keinginan Anda. Usahakan agar kedua area tersebut memiliki koneksi baik dari segi fungsi atau estetika. Tentu tidak tepat jika salah satu area menjadi ruang tamu sedangkan area yang satu lagi berfungsi sebagai gudang penyimpanan barang bekas.

Gunakan Ruang Vertikal

Arahkan pandangan mata ke atas dengan memanfaatkan ruang vertikal ruangan secara maksimal. Gunakan benda-benda tinggi seperti tiang lampu tinggi atau rak buku tinggi. Gunakan tirai dari langit-langit hingga lantai, manfaatkan hiasan dinding yang tinggi. Hal ini dapat menciptakan ilusi ketinggian sehingga kesan ruang sempit dan panjang dapat berkurang. Kita juga bisa menggunakan garis-garis vertikal pada wallpaper dinding.