Tips Memilih Rak Buku

Tips Memilih Rak Buku

Memilih Rak Buku – Menyimpain buki-buku penting ataupun bacaan di rak buku memanglah cara yang tepat untuk di lakukan. Dengan begitu, tentunya buku-buku yang ingin di baca pun tak akan sulit di temukan. Rak buku pun juga bisa di gunakan sebagai aksen tambahan di ruangan yang dapat mempermanis keadaan ruangan dan sebagai pemabatas atau penyekat ruangan.

Baca juga: Tips Memilih Lemari Pakaian Model Minimalis

Biasanya rak buku sering di tempat di ruang tamu, rak buku tersebut bisa anda jadikan pusat desain ruang tamu tesebut. Namun sebelum anda memilih rak buku, ada baiknya anda mengikuti beberapa tips memilih rak buku yang tepat berikut:

Ukurlah ruangan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengukur ruangan dimana anda akan menempatkan rak buku tersebut. Selain mengukur ruang lantai, anda juga harus mengukur dinding dan tinggi langit-langir ruangan. Pastikan juga ada cukup ruang untuk berjalan diatara rak buku untuk mempermudah mengambil berbagai macam koleksi buku anda. Dengan memastikan ukuran ruangan, akan menghindarkan anda membeli rak buku yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Bahan material pembuat rak buku

Tentukan bahan material pembuat rak buku yang ingin anda beli. Saat ini tersedia rak buku dengan berbagai bahan seperti kayu, logam atau kaca. Wood veneers (papan kayu tipis yang dipernis) dan kayu lapis merupakan bahan rak buku yang paling murah. Namun rak buku yang terbuat dari logam (besi, stainless steel) dan solid hardwoods (maple, oak, kenari, jati) lebih kuat tetapi biasanya lebih mahal. Bahan rak buku yang anda pilih juga tergantung dari gaya ruangan anda.

Apa yang akan ditaruh di rak buku

Meskipun rak buku merupakan tempat untuk menyimpan buku, namun saat ini sering digunakan untuk menyimpan berbagai macam koleksi seperti film, video games atau foto. Dengan mengetahui barang apa saja yang akan ditaruh di rak buku, anda akan tahu berapa ruang yang diperlukan untuk menyimpan berbagai koleksi tersebut. Hal ini akan mempermudah anda menentukan jenis dan ukuran rak buku yang diperlukan.

Pertimbangkan rak buku dengan pintu

Hal terbaik dari rak buku yang memiliki pintu adalah buku akan terhindar dari debu. Pintu rak buku yang terbuat dari kayu merupakan pilihan yang bagus jika anda ingin menyembunyikan “kekacauan” di dalamnya. Tetapi jika anda menggunakan rak buku untuk memamerkan bermacam koleksi anda, pilihlah pintu rak buku geser yang terbuat dari kaca.

Rak buku sebagai penyekat ruangan

Rak buku juga dapat berfungsi sebagai penyekat ruang. Anda dapat memilih rak buku yang dapat dibuka dari depan dan belakang. Pilihlah rak buku yang memiliki lebar cukup dalam sehingga dapat menyimpan lebih banyak buku.