Tips Membuat Tangga Beton Melayang

Tips Membuat Tangga Beton Melayang

Tips Membuat Tangga Beton Melayang – Beton merupakan salah satu bahan yang sering di gunakan dalam pembangunan rumah. Biasanya bahan yang satu ini di gunakan untuk membangun tangga pada rumah bertingkat, hal tersebut di karenakan, beton memiliki struktur yang kuat dan pastinya bisa bertahan lama. Ada beberapa jenis tangga yang bisa di bentuk dengan menggunakan beton, salah satunya seperti tangga melayang.

Baca juga: Tips Memilih Rak Buku

Tangga beton melayang bisa dikatakan memiliki daya tarik tersendiri karena bentuknya yang berbeda dari yang lainnya. Meski demikian, jenis tangga ini tidak terlalu banyak digunakan karena proses pembuatannya yang cukup rumit. Pada pembuatan tangga beton melayang, kekuatan konstruksi kantilever tangga melayang harus benar-benar diperhatikan dengan seksama.

Meskipun tangga terlihat menggantung, akan tetapi konstruksinya juga harus dibuat secara tepat supaya tangga aman untuk digunakan serta mampu menahan tidak hanya beban mati, namun juga beban manusia. Maka dari itu, proses pembuatan tangga beton melayang harus dilakukan secara hati-hati. Berikut ini adalah cara membuat tangga beton pada umumnya, yakni :

Merancang tangga

Jika ingin membangun sebuah tangga beton, pertama-tama anda perlu merancang tangga tersebut. Anda perlu menentukan dimana letak tangga akan dipasangkan, serta berapa dimensi dan ketinggian yang dibutuhkan. Hal ini akan membutuhkan perhitungan yang matang, agar proses pembuatan tangga berjalan maksimal. Jangan lupa kemiringan tangga perlu dipertimbangkan supaya penggunanya nyaman dan aman. Untuk menemukan kemiringan tangga yang ideal, anda dapat membaca cara menghitung kemiringan tangga.

Bekisting untuk menuangkan beton

Setelah menentukan dimensi tangga yang sesuai, selanjutnya anda dapat memulai pemasangan bekisting untuk tangga. Perakitan bekisting merupakan salah satu proses paling penting dalam pembuatan tangga beton. Agar permukaan beton menjadi halus, jenis kayu konstruksi yang digunakan harus tahan air serta minimal memiliki ketebalan 20 mm. Sedangkan untuk dinding bagian sampingnya dapat menggunakan papan dengan ketebalan 30-35 mm.

Penguatan tangga

Agar tangga memiliki kekuatan yang kuat, langkah penguatan ini harus dilakukan. Cara pekerjaannya adalah dengan menggunakan diameter tulangan baja dengan ukuran 8 dan 14 mm, kawat, serta alat yang berfungsi untuk memotong batang tang.

Proses finishing

Proses finishing tangga biasanya berupa pembongkaran kayu. Namun langkah ini baru dapat dilakukan apabila beton telah berusia sekitar 12 jam lamanya. Terlebih pada bagian dinding tangga. Perlu perizinan dari pihak yang berwewenang untuk melakukan pembongkaran. Anda juga perlu memastikan semua pekerjaan berjalan dengan lancar supaya tidak ada kesalahan yang tidak diinginkan. Jangan sampai kekuatan beton belum cukup siap namun sudah langsung melakukan pembongkaran. Apabila kekuatan beton telah dinilai cukup, anda dapat langsung membongkarnya. Jangan lupa, area kerja kembali dibersihkan seperti semula supaya dapat digunakan kembali.