Tips Membuat Perpustakaan Pribadi Di Rumah

Tips Membuat Perpustakaan Pribadi Di Rumah

Tips Membuat Perpustakaan Pribadi Di Rumah – Setiap orang pastinya memiliki hobi yang berbeda-beda, salah satu hobi yang bisa membuat seseorang menjadi lebh pintar dan menambah banyak wawasan, yaitu membaca buku. Biasanya bagi orang yang ingin membaca buku akan pergi sebuah perpuatakan umum yang ada di kota. Perpustakaan sendiri pun umumnya ada di setiap tempat pembelajaran, seperti sekolah dan universitas.

Baca juga: Desain Kamar Mandi Sesuai Dengan Zodiak

Nah jika anda merupakan orang yang memiliki hobi membaca buku, pastinya memiliki banyak buku yang ada di rumah. Jika di rumah anda masih ada wilayah ruangan yang kosong, anda bisa memanfaatkan ruangan itu menjadi perpusatakaan pribadai. Bingung untuk membuat ruang perpustakaan di rumah? bagi anda yang ingin memiliki perpustakaan pribadi di rumah, anda dapat untuk menerapkan tips berikut.

Tentukan lokasi di mana anda akan membuat perpustakaan pribadi

Digabung dengan ruang kerja, ruang keluarga, kamar tidur, atau mungkin satu ruangan sendiri? Idealnya, pilih ruangan yang tenang dan tidak banyak dilalui orang untuk menciptakan suasana tenang. Tapi jika tidak banyak tempat yang tersedia, anda bisa menggabungkan perpustakaan di ruangan favorit anda dengan membuat rak sesuai kebutuhan anda.

Pastikan kekuatan rak buku

Karena rak buku akan menahan beban yang tak sedikit, maka sebaiknya anda memastikan bahwa rak buku yang akan anda buat cukup kuat untuk menahan beban buku yang akan anda simpan. Konsultasikan ke pembuat mebel profesional untuk menjamin keamanan rak buku anda.

Lantai

Sama pentingnya dengan rak buku, pastikan lantai perpustakaan juga kuat menahan beban rak buku yang berat. Idealnya lokasi paling tepat untuk perpustakaan adalah di lantai pertama rumah anda. Konsultasikan dengan kontraktor untuk anda yang memiliki koleksi buku dengan jumlah yang sangat besar.

Pertimbangkan berapa banyak buku yang anda punya

Jika anda memiliki banyak buku dan ingin koleksi anda tetap rapi dan bersih buat rak yang memiliki pintu tertutup. Jika anda lebih menyukai kepraktisan, buat rak buku dengan model terbuka tanpa daun pintu untuk kesan yang lebih modern. Jika koleksi buku anda akan terus bertambah, pertimbangkan untuk membuat rak buku yang bisa menampung semua buku anda.

Menggabungkan Dengan Ruangan Kerja

Perpustkaan juga bisa digabungkan dengan ruangan kerja, namun anda harus memastikan bahwa kebutuhan dan fungsi dari kedua ruangan bisa terpenuhi dalam waktu bersamaan. Pertimbangkan lah semua kemungkinan yang bisa terjadi pada ruangan anda.

Pilih Warna

Agar anda bisa menciptakan suasana perpustakaan pribadi yang nyaman, pastinya anda harus memilih hal yang anda favoritkan, termasuk warna. Jika anda benar-benar hobi membaca, maka anda menghabiskan waktu di ruangan tersebut, untuk itu pastinya anda ingin dikelilingi oleh warna yang anda favoritkan.

Pencahayaan

Saat membaca pencahayaan sangat penting, untuk itu perpustakaan harus memiliki pencahayaan yang cukup. Cahaya sendiri bisa didapatkan dari cahaya alami saat siang hari dan lampu saat membaca di malam hari. Lampu meja atau standing lamp sangat membantu untuk pencahayaan di malam hari. Anda juga bisa memilih dimmer untuk membuat suasana yang berbeda di perpustakaan.