Tips Membersihkan Lantai Kayu Yang Ada Dirumah Anda Dengan Benar

Tips Membersihkan Lantai Kayu Yang Ada Dirumah Anda Dengan Benar

Tips Membersihkan Lantai Kayu – Kayu merupakan salah satu dari sekian banyaknya jenis bahan bangunan yang di gunakan menjadi struktur ataupun pondasi bangunan rumah. Bahkan kayu pun bisa di manfaatkan sebagai bahan/material untuk membangun atap rumah, material pelapis lantai dan juga menjadi bahan utama dalam pembuatan perabotan. Dengan begitu, peran dari kayu sangatlah penting dalam pembangunan sebuah rumah.

Baca juga: Tips Menghilangkan Bau Pada Lemari Yang Masih Baru

Dengan harganya tak begitu mahal, maka tak sedikit pula setiap orang memanfaatkan kayu sebagai pelapis lantai agar rumah terlihat menjadi lebih mewah. Meskipun bisa menjadi bahan pelapis lantai, namun jika ingin membersihkan kayu bukan lah hal yang cukup mudah untuk di lakukan. Mengapa demikian? karna di butuhkan perawatan khusus agar lantai kayu tersebut tetap berkilau dan coraknya pun tidak akan memudar. Maka dari itu, bagi anda yang memiliki lantai rumah yang berbahan dari kayu, anda harus memahami cara membersihkan lantai yang benar dan tepat agar lantai kayu anda tetap awet. Berikut beberapa tips yang harus anda lakukan ketika ingin membersihkan lantai kayu di rumah anda.

Menyapu Dengan Rutin

Agar menjaga lantai kayu rumah anda tetap bersih, menyapu rumah dengan menggunakan alat kebersihan rumah yang tepat secara rutin, tentunya perlu dilakukan. Dengan menyapu, lantai rumah akan terjaga dari kotoran-kotoran kecil seperti sampah, debu dan sebagainya. Jangan lupa untuk menggunakan sapu yang bertekstur lembut agar tidak merusak permukaan lantai dan memicu timbulnya goresan yang menjadikan corak lantai menjadi jelek.

Jangan mengepel lantai parket

Perlu anda ketahui bahwa lantai parket atau lantai kayu tak boleh di pel menggunakan air. Mengapa demikian? Sebab air yang masuk ke dalam polywood dapat diserap dengan cepat dan meningkatkan kelembapan parket. Hal tersebut dapat memicu timbulnya perbedaan tekanan secara drastis dan kayu menjadi cepat lapuk. Selain itu beberapa bagian sendi pada parket akan terlepas hingga akhirnya menimbulkan bunyi apabila anda menginjaknya. Oleh karena itu mengepel tidak termasuk ke dalam bentuk perawatan lantai parket.

Menggunakan vacuum cleaner

Selain menggunakan sapu, tentunya anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner atau sering di sebut dengan alat pengisap debu ini untu membersihkan lantai parket di rumah anda. Hal tersebut di karenakan alat ini tak akan menjadikan goresamn pada permukaan lantai menjadi lecet atau timbul goresan-goresan. Pembersihan ini sebaiknya dilakukan setiap hari untuk menjaga lantai tetap berlikau.

Menggunakan campuran air lemon

Pastinya anda tau buah yang satu ini kan, lemon pun dapat di jadikan untuk menghilankan noda membandel yang ada di lantai kayu. Cara untuk melakukannya pun sangatlah mudah, anda hanya perlu memeras lemon agar air lemon itu keluar. Setelah keluar, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencampurkan dengan sedikit cuka. Kedua bahan ini ampuh untuk membersihkan noda pada lantai. Cukup dengan mengoleskannya dengan kain bersih pada area yang ingin dibersihkan.

Menggunakan soda kue

Bukan rahasia lagi jika soda kue memiliki kemampuan yang baik untuk membersihkan noda. Cukup menaburkan soda kue pada lantai yang ingin dibersihkan dan tunggulah beberapa saat. Selanjutnya bersihkan kembali lantai sebelum akan digunakan.