Tips Membersihkan Kamar Mandi

Tips Membersihkan Kamar Mandi

Tips Membersihkan Kamar Mandi – Kamar mandi menjadi salah satu ruangan yang sangat penting di dalam rumah. Fungsi utama kamar mandi merupakan sebagai tempat untuk melakukan kebersihan tubuh, seperti mandi dan membuang kotoran. Kebersihan seseorang dapat di lihat dari kebersihan yang ada di dalam kamar mandi. Jika kamar mandi bersih, pastinya pemilik kamar mandi tersebut merupakan seseorang yang pembersih.

Baca juga: Fungsi Dan Pengaruh Warna Rumah Terhadap Suasana Hati

Membersihkan kamar mandi merupakan suatu kegiatan yang harus secara rutin untuk di lakukan oleh setiap pemilik rumah. Tentunya jika kamar mandi yang kotor, kuman ataupun bakteri jahat pada kamar mandi akan menjadi semakin banyal. Dengan hal tersebut, maka akan mengancam kesehatan pemilik rumah ataupun kesehatan orang yang menggunakan kamar mandi tersebut. Namum membersihkan kamar mandi tidaklah hanya asal memberihkan seperti membersihkan ruangan lain yang ada di dalam rumah.

Kegiatan untuk membersihkan kamar mandi pun tidak sulit untuk di lakukan, namun masi banyak orang yang salah dalam membersihkan ruang yang satu ini. Nah dalam artikel ini anda akan mendapatkan tips untuk membersihkan kamar mandi dengan cara yang benar. Berikut tipsnya ya gaes.

Membersihkan Wastafel

Wastafel merupakan salah satu bagian kamar mandi yang wajib dibersihkan dengan teratur setiap hari. Karena wastafel selalu dipenuhi dengan sisa-sisa sabun, odol, bekas bercukur. Bila tidak teratur dibersihkan, sisa-sisa tersebut akan menjadi sarang kuman dan bakteri. Lama kelamaan juga akan menjadi berkerak dan tidak sedap dipandang. Berikut kami rangkumkan cara membersihkan wastafel yang baik:

1. Pindahkan semua barang di atas wastafel agar tidak ada tempat yang terlewat. Sebab bila hanya membersihkan bagian-bagian terlihat saja, kuman dan bakteri masih dapat berkumpul di bawah benda-benda yang ada di atas wastafel. Tentu ini bisa membuat wastafel kotor dan berbau tidak sedap karena bakteri dan kuman.

2. Isi wastafel dengan air panas agar uapnya membantu melepaskan sisa-sisa sabun, keras, dan lemak yang melekat di sekitar wastafel.

3. Tuang cuka atau produk pembersih yang anda punya pada wastafel dan gosok secara menyeluruh. Jangan sampai ada sudut-sudut yang terlewat.

4. Bila ada kerak yang membandel, Anda bisa menggunakan ampelas anti air. Gosok pelan-pelan sampai mengelupas dan wastafel licin kembali.

5. Untuk menghilangkan bau tidak sedap, taburkan bubuk soda kue, gosok di sekitar wastafel, dan bersihkan kembali wastafel.

Membersihkan Bak Mandi dan Shower

Bak mandi dan shower merupakan tempat lembab yang wajib debersihkan dari sisa-sisa sabun. Tidak nyaman sekali bila sehabis mandi, Anda malah merasa tidak nyaman karena kulit gatal. Jadi jadwalkan setidaknya seminggu sekali atau duakali untuk menggosok bak mandi dari sisa sabun.

1. Gosok bak mandi menggunakan produk pembersih yang Anda punya untuk mengangkat kerak kapur. Apabila ada kerak-kerak membandel dan susah digosok dengan cara biasa, Anda bisa menggunakan ampelas anti air. Untuk cara alami, Anda bisa menuangkan cuka diatas kerak membandel. Kemudian gosok pelahan sampai kerak-kerak berkurang.

2. Apabila kamar mandi Anda termasuk kamar mandi basah, maka Anda bisa mempraktekkannya pada lantai kamar mandi. Namun ingat, untuk lantai kamar mandi berkerak, jangan menggunakan Pembersih Lantai Kamar Mandi menggunakan bahan asam karena bisa merusak nat atau semen penghubung antar ubin.

3. Untuk saluran air bersihkan juga dengan produk pembersih yang Anda miliki. Untuk saluran air yang mampet, gunakan produk khusus atau campur soda kue dan cuka untuk menghancurkan sumbatannya. Soda api yang dicampur dengan air panas juga bisa membantu mengalirkan kembali sumbatan-sumbatan yang mampet.

4. Setelah selesai, bilas semua hingga bersih.

Membersihkan Kloset

Kloset juga memerlukan waktu tersendiri untuk membersihkannya. Sebab disini kuman dan bakteri paling banyak dan cepat berkembang. Banyak pilihan produkpembersih cair dan bubuk yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan seluruh kloset dan sela-sela tersembunyi. Peralatan yang Anda perlukan adalah sikat toilet, sarung tangan, spons dan semprotan desinfektan.

1. Pakai sarung tangan Anda saat memulai pekerjaan membersihkan kloset. Sebab beberapa produk pembersih lantai bisa membuat kulit terasa terbakar.

2. Siram seluruh bagian kloset. Gosok bagian mangkuk kloset menggunakan sikat toilet. Untuk noda membandel, siramkan produk pembersih di atasnya dan diamkan beberapa menit sesuai petunjuk dalam kemasan produk. Kemudian gosok toilet hingga bersih.

3. Siram toilet sekali lagi untuk menghilangkan sabunnya. Apabila Anda belum puas dengan hasilnya dan masih ada noda membandel, Anda bisa mengulangi cara diatas sampai kloset benar-benar bersih.

4. Pakai semprotan desinfektan dan spons untuk membersihkan pinggiran, dudukan, tutup dan dinding luar Selanjutnya lap permukaan toilet menggunakan lap kering.

5. Jangan sekali-sekali mencampur pembersih kloset yang mengandung asam dengan karbol. Anda harus mengikuti petunjuk pemakaian produk pembersih agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.