Tips Hadirkan Suasana Bali Di Rumah

Tips Hadirkan Suasana Bali Di Rumah

Tips Hadirkan Suasana Bali Di Rumah – Bali merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terkenal dengan wisata pantai dan juga kebudayaan. Kebudayaan Bali pun sungguh sangat memposana, mau itu dari adat istiadatnya yang menghadirkan keberagaman arsitektur indah, nyaman dan fungsional. Hal tersebut di butikan dari bentuk bagunan rumah yang ada di Bali dan tentunya juga mempunyai ciri khas menyatu dengan alam.

Baca juga: Tips Membuat Tangga Beton Melayang

Jika anda ingin membuat ataupun mendesain rumah anda seperti suasana yang ada di Bali. Dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa tips hadirkan ciri khas rumah Bali yang bisa anda terapkan.

Pintu Masuk Rumah Bali

Jika anda ingin memiliki suasana rumah bernuansa seperti di Bali, anda dapat Salah satu contoh sentuhan bangunan tradisional Bali dapat dilihat dari pintu masuknya. Pintu masuk rumah Bali biasanya memiliki semacam gerbang kecil dengan dinding batu dan terdapat 1-3 anak tangga. Dan pintu terbuat dari kayu jati dengan ukiran khas Bali.

Gunakan material alami seperti batu dan kayu

Menggunakan furniture atau material bangunan rumah dari kayu dan batu merupakan salah satu cara untuk memperlihatkan rumah bernuansa Bali. Karena desain interior Bali banyak menggunakan material ataupun furniture alami seperti kayu ataupun bebatuan. Material alami ini diharapkan dapat menciptakan keharmonisan antara manusia dengan lingkungan, antar sesama manusia, dan kedekatan manusia dengan Sang Pencipta. Atau anda dapat mengaplikasikan warna coklat dengan warna lainnya sesuai selera anda.

Banyak ruangan terbuka

Bali terkenal dengan desain rumahnya yang menyatu dengan alam. Dengan itu rumah Bali kebanyakan memakai desain ruangan yang terbuka. Seperti dapur atau ruangan makan outdoor yang menghadap ke taman belakang. Atau kamar tidur dengan pintu geser dari kaca yang langsung terlihat dari taman. Rumah Bali didesain pembagian ruangannya harus jelas dan rapih.

Ventilasi terbuka luas

Dengan banyaknya ruangan terbuka maka ventilasi rumah banyak dan luas. Dengan begitu, rumah akan menjadi lebih nyaman dan sehat karena sirkulasi udara yang baik. Atau anda bisa menggunakan kaca bening yang tembus pandang agar rumah terasa lebih menyatu dengan alam. Sehingga rumah lebih terang dan akan menghemat energi di rumah.

Ukiran di kayu dan batu

Dekorasi ukiran di kayu ataupun di batu sebenarnya tidak hanya untuk rumah Bali saja, beberapa rumah jawa pun banyak memakai ukiran. Masih berhubungan dengan unsur alam di rumah Bali, beberapa bagian gunakan ukiran kayu atau batu agar rumah terlihat semakin indah. Dan agar ukiran batu terhindar dari jamur atau lumut dan juga dapat memperindah ukiran batu gunakan ARCA Cat Pelapis Batu Alam. Sedangkan agar ukiran kayu tetap terlihat indah gunakan cat kayu Premio Pinola Classic maupun Premio Pinola Clear yang memiliki daya tahan terhadap cuaca, sinar matahari, dan air.