Tips Desain Ruang Belajar Anak

Tips Desain Ruang Belajar Anak

Tips Desain Ruang Belajar Anak – Saat anak telah masuk kedalam sekolah dan mulai belajar, tentunya para orang tua perlu menyiapakan ruang belajar kepada anak. Namun tak sedikit pula anak yang telah di sediakan ruang untuk belajar malahan mereka menjadi malas ataupun tak ingin mengerjakan tugas dari sekolah. Untuk mengatasi itu, tidak ada salahnya merancang sebuah area belajar yang menyenangkan layaknya tempat bermain.

Baca juga: Inspirasi Desaian Kamar Tidur Remaja

Siapkan sisa ruang di kamar tidurnya untuk merancang sebuah meja belajar. Kemudian, rancang ruang belajar menjadi lebih atraktif. Caranya? Simak beberapa poin berikut ini, diadaptasi dari majalah Residence Indonesia.

> Setelah membeli meja belajar dengan ukuran yang pas untuk tubuh anak, kini Anda bisa mendesain area belajar ini menjadi menyenangkan. Hias meja belajar dengan tema karakter dan warna kesukaannya. Dengan begitu anak-anak akan tertarik untuk duduk dan berada di tengah barang-barang kesukaannya.

> Untuk ukuran, buat meja belajar layaknya sebuah alat tulis di kamar, yang lengkap menyimpan seluruh kebutuhan belajar. Mulai dari rak yang cukup lebar dan luas untuk menyimpan buku, meja yang luas untuk menulis, sampai dengan kursi yang nyaman untuk diduduki.

> Ketinggian meja belajar harus sesuai dengan ketinggian badan anak-anak. Kemudian pilih kursi yang nyaman dengan punggung lurus. Terakhir, sediakan penerangan yang cukup untuk mencegah ketegangan pada mata ketika anak-anak belajar dalam jangka waktu lama.
Karena terletak di kamar tidur, meja belajar ini mungkin bisa membuat ruangan terkesan penuh dan sempit. Untuk itu Anda harus jeli mengukur sisa ruang dan disesuaikan dengan meja belajar yang dibeli. Usahakan terdapat ruang pemisah antar wilayah belajar dan tempat tidur.

> Untuk mengurangi kesan pengap dan membosankan, jendela yang berguna sebagai sirkulasi udara sangat penting di sediakan di kamar tidurnya. Namun usahakan lokasinya agak jauh dari meja belajar untuk menghindari kehilangan konsentrasi anak-anak ketika mereka belajar. Lebih baik letakkan meja di sudut dinding.

> Terakhir, pemilihan warna juga sangat penting untuk diperhatikan. Pilih warna yang sesuai dengan kondisi ruang, misalnya warna biru. Warna itu dapat memberi perasaan tenang dan kondusif untuk belajar. Tambahkan warna warna atau aksesoris ceria untuk membuat anak menjadi lebih bersemangat.