Desain Tangga unik untuk Rumah

Desain Tangga unik untuk Rumah

Tangga merupakan adalah salah satu elemen penting pada rumah yang bertingkat. Terdapat banyak sekali jenis kreasi tangga yang bisa anda pergunakan untuk di aplikasi dirumah anda yang bertingkat. Kehadiran desain tangga yang unik akan mempercantik rumah anda.

Faktor penting tangga rumah minimalis yang elegan
Sebelum mulai merancang tangga rumah minimalis, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa faktor dalam memilih model tangga rumah minimalis sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang tepat dan sempurna. Berikut adalah tips memilih tangga yang tepat.

a. Model dan Desain
Tentukan model dan desain tangga rumah minimalis yang ingin Anda ciptakan sesuai dengan konsep desain rumah yang Anda miliki.

b. Posisi tangga
Posisi tangga sebaiknya berada di area yang mudah dijangkau dari berbagai sudut rumah sehingga mendukung kelancaran mobilitas pemilik rumah.

c. Keamanan
Harus dilengkapi dengan railing tangga, entah terbuat dari kayu atau besi. Railing tangga bertujuan untuk mengantisipasi dan menghindari kemungkinan kecelakaan seperti terjatuh dari tangga, terutama pada anak kecil dan lansia.

d. Kualitas anak tangga
Kualitas anak tangga adalah hal penting berikutnya karena akan menentukan ketahanan tangga tersebut. Sebaiknya gunakan bahan bangunan berkualitas agar tangga bisa bertahan lebih lama.

e. Peralatan berkualitas
Gunakan bahan bangunan berkualitas agar tangga bisa bertahan lebih lama. Harga yang sedikit lebih mahal, tetapi berkualitas akan menjamin umur tangga rumah minimalis tersebut.

Berikut beberapa kreasi unik yang bisa anda hadirkan dirumah anda.

Desain Tangga unik untuk Rumah

  • Berkreasi dengan railing

Tidak ada aturan baku yang menyebutkan bahwa railing tangga harus dipasang sejajar dengan tangga. Tiang-tiang besi vertikal ini menambahkan keamanan railing dan memberikan tampilan visual yang fantastis.

Desain Tangga unik untuk Rumah

  • Solusi smart storage

Jika Anda memiliki rumah minimalis bertingkat yang mungil sehingga harus memaksimalkan ruang yang ada, Anda dapat mempertimbangkan solusi smart storage. Trik desain tangga rumah minimalis ini menggabungkan desain dan fungsional sehingga terciptalah tangga yang terintegrasi dengan laci-laci penyimpanan barang Anda.

Desain Tangga unik untuk Rumah

  • Pencahayaan tangga

Untuk tangga yang terang di waktu siang dan malam, tambahkan lampu backlight di bawah anak tangga. Tidak perlu lampu di malam hari dengan tampilan ini.

  • Variasikan lebar

Cobalah trik desain tangga rumah yang kreatif ini. Kebanyakan tangga biasanya memiliki lebar anak tangga yang sama. Namun, pertimbangkan untuk membuat tangga dengan lebar yang bervariasi dan terintegrasi dengan rak pada area mezanin untuk menghasilkan pola yang menarik.

Desain Tangga unik untuk Rumah

  • Berikan Karpet di Bagian Tengah

Pertama-tama, ukur berapa lebar karpet yang dibutuhkan untuk menutupi bagian tengah tangga. Anda bisa memotongnya sesuai ukuran atau membeli yang sudah jadi. Jika masih ada kelebihan di bagian ujung tangga, gunting sisanya agar rapi.

Kemudian, tempelkan double tape di masing-masing tapak tangga agar karpet bisa melekat. Terakhir, gunakan steples tembak agar karpet tetap pada tempatnya. Lakukan dari bagian atas tangga hingga bawah.

Itulah beberapa inspirasi tangga unik yang bisa anda gunakan untuk dirumah anda yang bertingkat.