Cara Merawat Kulkas Agar Awet Dan Tahan Lama

Cara Merawat Kulkas Agar Awet Dan Tahan Lama

Cara Merawat Kulkas Agar Awet Dan Tahan Lama – Salah satu produk elektornik yang kehadirannya selalu di butuhkan untuk setiap rumah, dan selalu di letakan di dapur, ya Kulkas. Barang elekrtonik yang satu ini sangat memiliki peran yang cukup penting untuk setiap rumah, pasalnya barang elektornik ini di gunakan sebagai penyimpanan makanan dan minuman. Bukan hanya itu saja, namun kulkas pun dapat menyimpan buah-buahan,sayuran, daging dan lain sebagainya agar selalu segar dan tidak layu.

Baca juga: Cara Mengatasi Atap Rumah Yang Bocor

Kulkaspun merupakan barang elektronik yang memberikan suhu dingin di dalam ruangan kulkas, maka dari itu seluruh makanan dan minuman akan menjadi dingin jika di masukan di dalam kulkas.

Namun terdapat salah satu komponen kulkas yang sangat vital dari kulkas atau sering juga di sebut dengan lemari es yaitu kompresor yang di gerakan oleh energi listrik. Agar kulkas tidak cepat rusak dan akan selalu awer, maka perawatan pada kuklas harus selalu di perhatikan.

Masih banyak orang-orang yan memiliki kulkas namun tidak tau untuk merawatnya, nah dalam artikel kali ini anda akan mendapatkan cara merawat kulkas dengan benar agar kuklas anda tetap awet dan tahan lama. Berikut tips nya:

Pintu Kulkas Harus Selalu Tertutup Rapat

Lemari es/Kulkas memiliki suhu yang lebih rendah daripada ruangan pada umumnya. Oleh karena itu, suhu di dalam lemari es harus selalu dijaga dan tidak boleh terjadi kebocoran udara. Setiap kali membuka pintu lemari es, pastikan untuk selalu menutupnya hingga rapat dan terbebas dari sisa kotoran makanan yang menyumbat.

Merawat Kulkas dengan Mengatur Temperatur Secara Berkala

Pastikan temperatur di dalam lemari es tidak lebih dari 4 derajat agar makanan di dalamnya tidak cepat basi dan alat pengatur suhu tidak bekerja terlalu keras. Suhu di freezer juga harus selalu di bawah angka 0 agar es tidak mencair.

Selalu Bersihkan Bagian Kulkas Secara Rutin

Sebaiknya atur jadwal kapan anda harus membersihkan lemari es, misalnya seminggu atau dua minggu sekali. Keluarkan sisa makanan yang sudah kedaluwarsa atau tidak akan dimakan lagi agar perputaran udara di dalam lemari es bekerja dengan maksimal dan selalu segar. Bersihkan pula lapisan dalam di bagian kulkas dan juga es yang menumpuk di freezer ya.

Hindari Memasukkan Makanan/Minuman Panas

Apabila anda baru saja memasak makanan yang masih panas, jangan sekali-sekali memasukkannya ke dalam lemari es. Asap panas yang masih mengepul dari makanan akan merusak alat pendingin lemari es dan membuatnya tidak dapat mengatur suhu dengan baik.

Apabila Listrik Mati, Jangan Buka Lemari Es

Seringkali terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba di daerah rumahmu? Pastikan untuk tidak membuka lemari es terlalu sering. Lemari es yang berada dalam keadaan mati masih mampu menyimpan makanan dan minuman yang ada di dalamnya selama 24 jam ke depan, sehingga sebaiknya biarkan pintu lemari es selalu tertutup rapat.