Cara Menghias Kamar Tidur Yang Sempit

Cara Menghias Kamar Tidur Yang Sempit – Setiap orang pastinya mengiginkan kamar tidur yang nyaman dan penuh dengan hiasan yang ada, agar penghuni kamar tersebut akan tetap merasa nyaman jika sedang istirahat. Namun banyak yang mengatakan bahwa memiliki kamar yang sempit tidaklah cukup nyaman jika sedang melakukan istirahat, dan akan merasa sangat kesempitan. Tetapi hal tersebut bergantung pada sang pemilik kamar. Jika peletaka kamar dengan cara sembarangan pastinya pemilik kamar akan merasa bahwa kamar tersebut terasa sempit. Sebenarnya kamar tidur yang sempit dapat menjadi tempat peristirahatan yang nyaman jika anda tau cara meghias kamar tersebut. Nih dia cara menghias kamar tidur yang sempit.

Baca juga: Tips Memilih Furniture Untuk Rumah Minimalis

Buat sebuah sketsa desain kamar tidur

Memikirkan desain kamar tidur kecil bisa sangat memusingkan dan membuat anda frustrasi jika anda tidak terlebih dahulu memutuskan ide dan gagasan akan seperti apa bentuk, tampilan, dekorasi serta visualisasi kamar tidur kecil anda. Semuanya akan tampak berantakan dan tidak berjalan sesuai dengan ekspektasi. Sebelum memutuskan mengeksekusi gagasan anda dan mulai menata tempat tidur dan beberapa perabotan atau furnitur, ambilah pensil dan selembar kertas lalu buatlah sketsa ide tata letak atau layout kamar tidur yang anda inginkan. Hal tersebut akan membantu anda memvisualisasikan gagasan sebelum anda memutuskan menerapkannya.

Memanfaatkan penerangan alami dan buatan

Anda dapat mencoba untuk menghias kamara tidur yang sempit menggunakan penerengan. Cara menghias kamar tidur yang sempit ini bisa diterapkan dengan memanfaatkan sinar matahari yang masuk melalui jendela. Selain kamar terlihat lebih terang, sinar matahari ini bisa membuat kuman-kuman menghilangdan kamar tidur terhindar dari kelembapan. Jika kamar tidur tidak memiliki jendela, kamu bisa menggunakan beberapa lampu yang sifatnya indirect alias nggak menyorot secara langsung. Selain terlihat lebih terang, pencahayaan indirect ini bisa membuat tidurmu lebih nyaman karena cahayanya lembut.

Memasan tirai yang tepat

Memilih tirai yang tepat untuk kamar tidur sempit harus diperhatikan dengan baik. Cara menghias kamar tidur yang sempit menggunakan tirai adalah selain memilih warna yang cerah, kamu harus menggantungnya dengan tepat. Gantungkanlah tirai dari sisi paling atas hingga menjuntai ke lantai meski jendelanya berukuran kecil.

Selain itu, pilih juga jenis tirai atau gorden jendela yang pas untuk ukuran kamarmu. Dengan cara menghias kamar tidur yang sempit ini bisa membuat langit-langit kamar yang rendah terlihat lebih tinggi. Bila perlu, kamu bisa memilih tirai dengan motif garis vertikal agar ilusi yang tercipta lebih sempurna.

Memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan

Cara menghias kamar tidur yang sempit terakhir ini harus mempertimbangkan konstruksi rumah. Cara ini terdengar sulit karena harus menanamkan tempat penyimpanan ke dalam dinding. Meski demikian, cara ini akan memberikanmu kamar tidur yang lebih luas. Jika ingin menggunakan cara ini, sebaiknya buat desain khusus sebelum konstruksi rumah dibangun. Jadi, nggak ada salahnya berkonsultasi dengan jasa desain interior soal ini. Contohnya jasa desain dari dekoruma. Jasa desain rumah profesional bisa membantumu merancang desain yang tepat.

Memanfaatkan floating shelves atau rak melayang

Cara menghias kamar tidur yang sempit dengan rak melayang jelas lebih efisien ruang dibandingkan dengan rak biasa. Rak biasa akan membutuhkan lebih banyak ruang di bagian bawah, sedangkan rak melayang bisa diletakkan di bagian atas dinding dan bagian bawahnya diisi dengan furnitur lain. Beberapa titik yang tepat untuk meletakkan rak melayang ini adalah di atas tempat tidur atau di atas meja belajar. Saat ini rak melayang, atau dikenal juga dengan sebutan rak dinding, tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan gaya interior kamar tidur.