Cara Memilih Pintu untuk Rumah Anda

Cara Memilih Pintu untuk Rumah Anda

Keberadaan pintu kamar pada hunian memang sangat penting. Selain membatasi ruang privasi, pintu juga menjadi pembatas antara ruang yang satu dengan ruang lainnya.

Pintu rumah merupakan elemen penting dalam hunian. Letaknya yang berada di depan membentuk kesan pertama sebelum memasuki hunian. Pintu depan bukanlah sekadar akses masuk-keluar rumah. Pintu rumah pun membuat kita bisa dikenal oleh orang lain. Misalnya, tukang pos atau kurir langganan yang mengenali kediaman kita berkat ”rumah yang pintunya merah” atau ”rumah yang pintunya berkaca bulat”, dan sebagainya.

Cara Memilih Pintu untuk Rumah Anda

Pilihan warna, material, atau pilihan gaya desain memang bisa membuat pintu depan menjadi masterpiece di eksterior rumah. Jadi, jangan hanya tampil biasa-biasa saja karena banyak gaya desain pintu yang sangat ekspresif yang dapat menunjukkan kepribadian dan selera sang pemilik rumah.

Cara Memilih Pintu untuk Rumah Anda

Sebagai inspirasi, berikut ini ada beberapa gaya desain pintu depan yang tidak biasa. Salah satunya mungkin cocok dengan kepri­badian dan selera Anda untuk memberikan sentuhan spesial pada desain eksterior rumah.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih pintu rumah minimalis :

1. Pilih Desain yang Sesuai
Jangan berpikir jika menggunakan model pintu minimalis, Anda akan mendapatkan desain yang sama antara satu pintu dengan pintu lainnya. Desain inilah yang akan membedakan antara satu pintu dengan konsep minimalis dengan pintu lainnya. Maka dari itu, pastikan Anda juga memilih desain pintu minimalis yang sesuai. Desain dasar dari konsep pintu yang minimalis adalah tidak menggunakan banyak detail pada pintunya.

2. Memilih Bahan
Hal kedua yang tak kalah penting dalam memilih pintu minimalis adalah bahannya. Meskipun kayu masih menjadi pilihan utama, ada banyak juga bahan lain yang bisa menjadi alternatif pilihan. Misalnya bahan alumunium pintu besi minimalis juga bisa Anda jadikan alternatif lain yang tak hanya indah namun juga bisa bertahan lama.

3. Memilih Warna
Hal selanjutnya bisa dibilang simpel namun bisa mempengaruhi tampilan pada pintu minimalis rumah Anda yaitu warna. Memilih warna pada daun pintu minimalis tidak berarti harus sama. Anda bisa menggunakan kombinasi warna atau mix and match warna dengan warna dinding sekitarnya.

4. Sesuaikan Budget
Terakhir adalah sesuaikan budget Anda dengan model pintu minimalis yang diinginkan. Jangan sampai desain yang diinginkan melampaui budget yang disediakan. Misalnya jika ingin menggunakan pintu kayu minimalis, maka Anda juga harus menyediakan budget lebih karena pintu dari kayu biasanya lebih mahal.