Cara Memasang Kitchen Set Dinding Sendiri Dirumah

Cara Memasang Kitchen Set Dinding Sendiri Dirumah

Memasang Kitchen Set – Memiliki dapur yang luas merupakan keinginan setiap ibu rumah tangga, dengan begitu segala kegiatan di dapur dapat di jalankan dengan bebas. Tetapi apa jadinya jika memiliki rumah minimalis, tentunya ruang dapur jugalah kecil. Dengan begitu kegiatan yang ada di dapur akan terasa sangat sulit di lakukan dengan adanya lemari tempat penyimpanan piring dan makanan yang ada di dalam dapur yang akan membuat ruang dapur menjadi lebih sempit lagi. Nah untuk menghindari ruang dapur menjadi sempit karna adanya lemari tempat penyimpanan piring dan makanan, anda bisa untuk menggunakan kitchen set di dapur anda.

Baca juga: Hal Penting Yang Harus Di Pahamai Sebelum Mengecat Dinding Rumah

Kitchen Set merupkan inovasi terbaru pada ruang dapur dengan memanfaatkan dinding dapur menjadi tempat penyimpanan peralatan dapur yang anda gunakan. Selain membantu mengatasi sempitnya ruang dapur, Kitchen Set juga akan membuat tampilan dapur ruamah anda semakin indah. Nah bagi anda yang berminat untuk memasang Kitchen Set, anda bisa mendapatkannya di toko perabotan yang ada di sekitar rumah anda. Agar lebih menghemat biaya, anda juga bisa untuk memasangnya sendiri di rumah, lalu bagaimana caranya? Berikut Cara Memasang Kitchen Set Dinding Sendiri Dirumah.

Mulai dari bagian atas

Kitchen Set di bagi menjadi dua bagian, yang satunya berada di atas dinding, dan yang satu lagi berada di bawah dinding. Jika anda ingin memasang Kitchen Set, di saranakan untuk memulainya dari bagian atas terlebih dahulu. Hal tersebut sangat berpengaruh dengan pemasangan Kitchen Set pada bagian bawah. Karna bagian atas Kitchen Set akan ada beberapa bagian yang terhubung dengan bagian bawahnya juga. Jika bagian atas telah di selesaikan dengan baik, maka anda akan melanjutkan bagian bawah dengan mudah.

Lanjut merakit bagian bawah

Setelah bagian atas Kitchen Set selesai, anda tinggal melanjutkan bagian bawah yang hampir sama peletakan bagian-bagiannya dengan bagian atas. Sebelum meletakkan furniture, sebaiknya buatlah lubang-lubang terlebih dahulu sebagai saluran air, stop kontak dan juga peletakan pipa gas yang menyesuaikan dengan letak kabinet.

Pemasangan papan meja dan fixtures

Setelah kabinet bagian bawah terpasang dengan baik, langkah selanjutnya adalah memasangkan permukaan bagian atas meja dapur. Permukaan ini dapat terbuat dari bahan marmer, granit, kaca dan sebagainya. Bagi kitchen set yang permukaan atasnya sudah terpasang, anda hanya perlu melakukan proses penyetelan level ketinggian, termasuk wastafel, kran air, kompor serta penghisap udara.

Pemasangan laci, ambalan dan pintu

Apabila semua elemen kabinet utama sudah selesai dipasangkan dengan rapi, saatnya anda mulai memasangkan elemen-elemen pendukung. Biasanya berupa pemasangan laci, pintu, ambalan dan sebagainya. Apabila kitchen set memiliki lampu aksesoris, anda juga perlu memasangnya. Jika semua elemen pendukung sudah terpasang dengan baik, pastikan kembali apakah saluran air serta listrik dapat mengalir dengan lancar dan tampa hambatan.

Finishing

Tahap pekerjaan akhirnya biasanya hanya berupa pemasangan pitu serta laci. Sebelum kitchen set mulai diisikan dengan perabotan dapur, alangkah lebih baiknya jika anda melakukan pengecekan ulang terlebih dahulu. Apakah daun pintu sudah terpasang sejajar, apakah permukaan kabinet terpasang kuat dan tidaj mudah copot. Pastikan juga bagian sudut top meja, apakah tertutup rapat atau tidak. Terlebih pada bagian tertemuan top meja dan dinding pada samping ruang dapur anda. Sebagai tambahan, anda juga dapat menambahkan karet penahan pintu, sehingga apabila pintu dibuka tidak menimbulkan denyit bunyi yang keras.