7 Fungsi Penting Ventilasi Rumah Bagi Kesehatan

7 Fungsi Penting Ventilasi Rumah Bagi Kesehatan

Fungsi Penting Ventilasi Rumah – Ventilasi atau lebih di kenal dengan lubang udara merupakan bagain terpenting yang harus di miliki setiap rumah. Fungsi utama ventilasi adalah sebagai tempat terjadinya sirkulasi udara ataupun pertukaran udara yang ada di dalam rumah dengan udara yang ada di luar rumah. Dengan adanya ventilasi maka bagian dalam rumah akan selalu terasa segar karna adanya udara-udara segar yang masuk kedalam rumah.

Baca juga: 5 Alat-alat Kebersihan Rumah Yang Wajib Dimiliki

Ventilasi dapat berupa celah di atap, celah dinding, dinding yang diberi kaca dan kusen bagian atas pintu yang diberi celah. Dengan kata lain, ventilasi pun memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan para penghuni yang ada di dalam rumah. Mau tau apa saja fungsi penting dari ventilasi? Berkuikut fungsi ventilasi yang harus anda ketahui:

1. Jalan masuknya cahaya matahari ke suatu ruangan

Adanya ventilasi di setiap rumah juga berfungsi sebagai jalan masuknya cahaya matahari ke suatu ruangan. Cahaya matahari masuk melewati celah lubang fentilasi maupun celah jendela kaca yang difungsikan sebagai ventilasi.

2. Menghangatkan ruangan

Dengan cahaya matahari memasuki ruangan lewat celah ventilasi, ruangan akan menjadi hangat dan lebih nyaman untuk ditempati. Sangat jauh berbeda dengan ruangan tanpa fentilasi yang akan senantiasa dingin hingga terkadang kita merasa merinding saking terasa dinginnya.

3. Menjaga kelembapan rumah

Selain membuat ruangan menjadi hangat, cahaya matahari yang masuk lewat ventilasi juga berfungsi sebagai salah satu cara menjaga kelembapan suatu ruangan. Dengan kelembapan yang terjaga, dinding ruangan tersebut juga akan terjaga awetnya, dinding tembok tidak akan lembab dan berjamur.

4. Membuat penghuni rumah menjadi sehat

Adanya pertukaran udara, terjaganya kadar O2 di dalam rumah serta udara rumah yang menjadi segar juga tentu akan berpengaruh terhadap kesehatan para penghuni yang mendiami rumah tersebut. Para penghuni akan lebih sehat dengan adanya udara yang senantiasa segar.

5. Membuat udara bebas bakteri jahat

Pergantian udara lewat ventilasi juga akan membuat udara terbebas dari bakteri jahat/ bakteri patogen/ bakteri yang tidak baik bagi penghuni yang menghirup udara di dalam rumah tersebut.

6. Menghemat Energi

Dengan adanya ventilasi, udara senantiasa mengalir dan ruangan terasa sejuk dan segar. Sejuknya ruangan hanya dengan penempatan ventilasi yang sesuai tentu saja tidak lagi membutuhkan AC. Dengan tidak lagi memerlukan ac atau kipas angin, maka energy listrik

7. Sebagai tempat keluar masuknya udara

Adanya ventilasi di setiap rumah berfungsi sebagai keluar masuknya udara. Udara akan senantiasa berganti antara udara yang ada di dalam rumah berganti dengan udara yang ada di luar rumah. Terutama untuk kamar tidur, dengan adanya ventilasi maka ruangan pada kamar akan selalu segar dan pada saat istirahat akan menjadi lebih nyaman dengan adanya udara segar yang ada di dalam rumah.