6 Tips Perawatan TV LED Agar Tetap Awet

6 Tips Perawatan TV LED Agar Tetap Awet

Tips Perawatan TV LED  – TV/Televisi merupakan salah satu jenis barang elektornik yang harus di miliki oleh setiap penghuni rumah. Tentunya anda semua tau fungsi dari TV, fungsinya adalah sebagai alat yang dapat memberikan hiburan ataupun informasi kepada orang-orang yang sedang melihat siran yang ada di TV. Penggunaan TV pun semakin lama menjadi lebih meningkat, tak sedikit pula para penghuni rumah yang memiliki lebih dari satu TV yang ada di rumah.

Baca juga: 5 Macam Kelebihan Dan Kekurangan Bahan Atap Rumah

Namun untuk saat ini, TV yang selalu di incara oleh orang banyak adalah TV yang berjenis LED. Dengan tampilan layar yang lebih berkualitas dan cerah, makanya hal itu lah yang mempengaruhi orang banyak untuk beraling menggunakan TV LED. Harga dari TV LED pun terbilang cukup mahal jika di bandingkan dengan TV tabung. Maka dari itu, perawatan TV LED harus lah di utamakan agar tak mudah rusak dan awet tahan lama. Nah bago anda yang memiliki TV LED di rumah, anda tidak bisa sembarangan merawat TV LED jika tidak mengetahui cara yang tepat. Berikut tips dalam perawatan TV LED.

1. Posisi letak TV LED

Hal ini mungkin sangat di sepelekan bagi setiap pemilik TV yang berjenis satu ini, mereka hanya berfikir bagaiman peletakan TV yang tepat agar ketika melihatnya menjadi jelas. Ternyata hal itu tak sepenuhnya benar, karna memiliki layar yang tipis serta rentan rusak, TV LED harus diletakan pada bidang yang datar, seperti meja TV. Agar TV tidak mudah terjatuh, sebaiknya posisi TV diletakkan pada area tengah bidang meja.

2. Jauhi sinar matahari

Ketahuilah bahwa peletakkan TV LED ini posisinya harus jauh dari sinar matahari langsung. Mengapa demikian? Hal ini ditujukan agar layar monitor TV LED tidak mudah mengalami kusam. Selain itu, di dalam cahaya matahari terdapat kandungan zat radiasi yang dapat membahayakan kondisi TV LED anda.

3. Jauhkan TV dari  magnet

Setiap perangkat elektornik yang ada di rumah, sangat sensitive dengan barang yang namanya adalag magnet. Terlebih lagi jika magnet tersebut di dekatkan dengan TV LED, maka efek yang di timbulkan karna magnet itu akan mempengaruhi performa dari komponen layar hingga speaker pada TV menjadi tergangu dan tak normal.

4. Jangan meletakkan smartphone

Selain benda magnet, smartphone juga sebaiknya dihindari untuk diletakan dekat dengan TV LED. Terlebih jika TV LED dalam kondisi yang sedang menyala. Sebab gelombang atau sinyal pada sms dan panggilan telepon di smartphone dapat mengganggu sistem kerja pada TV LED.

5. Membersihkan debu

Apabila kondisi layar terlihat berdebu dan kotor, anda dapat membersihkannya dengan alat kebersihan rumah atau dengan menggunakan cairan pembersih optic. Namun jangan gunakan sembarang cairan karena dikhawatirkan justru merusak layar TV LED. Dengan melakukan pembersihan debu itu, maka debu tak akan masuk menuju bagian dalam TV dari sela-sela kecil yang ada di TV.

6. Menggunakan ups

Untuk menjaga kondisi listrik tetap stabil, sebaiknya anda menggunakan UPS dan cadangan sementara jika terjadi pemadaman listrik mendadak dari pihak PLN. Seminimal mungkin anda dapat menggunakan stabilizer untuk menjaga kondisi tegangan listrik di dalam rumah agar selalu stabil setiap saat.