5 Tips Tepat Memilih Karpet Untuk Ruangan Dalam Rumah

5 Tips Tepat Memilih Karpet Untuk Ruangan Dalam Rumah

Tips Tepat Memilih Karpet – Ingin menjadikan ruangan semakin indah pastinya penataan furniture merupakan salah satu faktor utamanya. Selain itu, ternyata penataan karpet juga berpengaruh erat untuk memberikan kesan lebih mewah lagi di ruangan tersebut. Biasanya jika seseorang ingin menggunakan karpet, ia akan terfokus dengan motif dan kelembutan dari karpet itu sendiri.

Baca juga: Tips Mudah Membersihkan Closet Duduk Berkerak

Padahal ada beberapa hal penting yang harus di pertimbangkan dulu dalam memilih karpet. Maka dari itu, disini kami akan memberitahukan kepada Anda tips yang tepat jika ingin memilih karpet untuk setiap ruangan di dalam rumah Anda. Berikut tipsnya:

1. Memilih Berdarkan Fungsi Ruangan

Setiap ruangan memiliki fungsi masing-masing. Misalnya, untuk ruang makan yang berfungsi sebagai area makan dengan aktivitas tinggi, pilihlah karpet dengan material yang mudah dibersihkan untuk diletakkan di bawah meja makan.

Sedangkan untuk kamar tidur, Anda dapat memilih karpet yang lembut untuk memberikan kenyamanan yang maksimal. Karpet dengan bulu-bulu pendek yang nyaman dapat ditempatkan di ruang keluarga. Perhitungkan fugsi ruangan sebelum menempatkan karpet agar tak salah dalam menempatkan.

2. Warna Karpet

Warna juga merupakan salah satu faktor yang penting ketika memilih karpet. Karpet dengan warna gelap memberikan kesan yang lebih berat dan elegan ke dalam ruangan. Karpet dengan warna yang terang yang netral bisa dengan mudah membaur dan menampilkan kesan yang lebih ringan. Karpet dengan warna pop yang mencolok membuat suasana ruangan lebih hidup dan ceria. seperti contonya pada gambar pertama, karpet warna pink untuk ruangan bernuansa netral berhasil membangkitkan suasana ruangan. Ruangan tak lagi tampil ‘biasa’ dan sederhana, tapi lebih hidup dan ceria.

3. Motif Karpet

Tips memilih karpet ruangan selanjutnya ialah dengan memperhatikan motif karpet. Amati sekeliling ruangan. Jika ruangan tersebut terdapat banyak furniture atau perabot, gunakan karpet polos saja.

Namun, jika ruangan tersebut tampak polos dan cukup luas, pilihlah karpet bermotif untuk menciptakan highlight di ruangan tersebut. Motif playful sangat cocok diletakkan di ruang penyimpanan mainan atau kamar anak. Sedangkan untuk kamar utama, pilih karpet bermotif simpel dan elegan.

4. Bahan Karpet

Karpet terbuat dari berbagai macam material, seperti wol, rami, dan sebagainya. Jika Anda memiliki alergi terhadap debu atau bahkan ada anggota keluarga yang mengidap asma, perhatikan baik-baik bahan karpet yang akan dipilih sehingga tidak mengganggu kesehatan keluarga.

Bahan karpet yang aman dan sering digunakan adalah bahan alami berupa wol. Selain nyaman dan hangat, karpet dari material wol juga terbilang mudah dibersihkan dan cukup tahan lama. Usahakan agar karpet di ruangan selalu dibersihkan secara rutin agar terbebas dari tumpukan debu. Bila perlu, cari tahu karpet berbahan apa yang paling bagus dan tidak mengganggu kesehatan Anda dan keluarga.

5. Budget Dan Pemeliharaan

Karpet bisa jadi menyita anggaran Anda, jadi sebaiknya alokasikan dulu dana Anda dengan cermat sebelum memutuskan membeli karpet. Anda bisa meminta penawaran harga dari penjual lalu membandingkan dengan toko lain untuk mendapatkan karpet yang paling sesuai dengan budget Anda. Selain itu pertimbangkan juga faktor pemeliharaan karpet, pilih yang paling mudah dibersihkan sehingga tak menghabiskan biaya lagi di akhir ketika Anda sudah terlanjut membeli. Pertimbangkan lagi jika perlu perawatan ekstra untuk salah satu karpet Anda.