5 Tips Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Minimalis/Kecil

5 Tips Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Minimalis/Kecil

Tips Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Minimalis – Ruang tamu menjadi salah satu ruangan terpenting yang harus didesain atau pun disusun serapi mungkin. Karan tentunya jika para tamu yang sedang berkunjung kedalam rumah, maka mereka pun akan di sambut dan di persilahkan duduk di dalam ruang tamu. Nah sofa merupakan tempat duduk yang sangat tepat harus di sediakan di ruangan tersebut. Karna tektur sofa sendiri pun empuk dan para tamu akan merasa nyaman saat duduk di rumah anda. Dengan begitu para tamu pun sangat senang dengan pelayanan terbaik anda ketika menyambut para tamu dan di persilahkan duduk di tempat duduk yang empuk.

Baca juga: Tips Mudah Membersihkan Dinding Kamar Mandi

Namun jika anda memiliki masalah bahwa rumah yang anda miliki berukuran minimalis dan bagian ruang tamu kecil. Itu bukan lah hal yang sulit jika anda berfikir bahwa ruangan kecil itu tak dapat di isi dengan sofa. Berikut di bawah ini beberapa tips buat anda yang memiliki ruang tamu kecil/sempit dalam menentukan jenis sofa yang ideal yang bisa menambah kesan menarik pada ruang tamu anda.

1. Model Sofa

Tentunya anda harus menyesuaikan model sofa dengan ruang tamu minimalis anda. Kesesuaian ini akan menjadi poin penting yang menunjang penampilan ruang tamu anda. Bila konsep ruang tamu anda bergaya klasik, maka gunakan sofa yang mendukung gaya klasik ruang tamu anda. Ataupun anda juga dapat mengkombinasikan beberapa gaya agar tidak menimbulkan kesan monoton pada ruang tamu anda. Untuk konsep minimalis, anda dapat menggunakan model sofa yang ramping dengan kaki yang tinggi sehingga menimbulkan kesan ruang tamu yang luas.

2. Bentuk Sofa

Bila ruang tamu anda kecil maka anda juga perlu memperhatikan bentuk sofa untuk ruang tamu kecil anda. Pilihlah satu set sofa minimalis dengan bentuk L. Bentuk dan desain sofa ini akan memberikan kesan terbuka sehingga memberikan kesan lenggang pada ruang tamu anda. Selain itu, fungsi bentuk sofa ini juga dapat dijadikan sebagai pemisah atau sekat antar ruangan. Jangan menggunakan sofa yang berbentuk melingkar ataupun bulat karena akan memakan banyak tempat dalam ruang tamu anda.

3. Kenyamanan Sofa

Ini juga merupakan hal yang tidak bisa anda abaikan begitu saja jika anda sudah menemukan kriteria sofa yang cocok, karena adakalanya saat anda cocok dengan warna, ukuran ataupun motif sofa, tetapi ternyata ketika diduduki malah tidak nyaman. Untuk mengukur tingkat kenyamanan sofa ini, silahkan anda coba duduki terlebih dahulu, mungkin selama 20 hingga 30 menit. Jika anda merasa nyaman ketika mendudukinya, maka syarat kenyamanan sofa telah terpenuhi.

4. Sesuaikan ukuran sofa dengan ukuran ruangan

Sebelum pergi ke toko perabotan rumah tangga, ukur dulu ruangan tempat anda akan meletakkan sofa. Misalnya, jika anda berencana membeli sofa untuk ruang tamu, perkirakan ukuran ideal sofa minimalis yang akan anda beli. Untuk memudahkan perkiraan pengukuran, anda bisa memasang plester di lantai. Ingat juga bahwa ruang tersebut tidak hanya akan berisi sofa.

5. Kualitas Sofa

Hal terakhir yang harus anda perhatikan adalah kualitas sofa, karena bagaimanapun anda pasti menginginkan set sofa yang kualitasnya baik, sehingga tidak sering-sering menggantinya yang baru yang mengakibatkan pemborosan.