5 Macam Kelebihan Dan Kekurangan Bahan Atap Rumah

5 Macam Kelebihan Dan Kekurangan Bahan Atap Rumah

Bahan Atap Rumah – Atap rumah menjadi bagian terpenting dari rumah yang harus terlebih dahulu di perhatikan, karna dengan adanya atap rumah, maka anda akan terhindar dari panasnya matahari dan air hujan masuk kedalam rumah. Dengan begitu, tentunya jika ingin membangun rumah, pastikan bahwa atap rumah tersebut benar-benar aman tanpa adanya satu lubang pun/kebocoran.

Baca juga: Tips Memilih Mesin Cuci Berkualitas

Namun atap rumah sendiri pun terbagi dari beberapa macam, setiap atap tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah bagi anda yang ingin membangun rumah ataupun ingin melakukan renovasi pada bagian atap rumah. Anda dapat untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari atap yang akan anda gunakan tersebut dengan mengikuti artikel ini. Berikut

1. Atap Genteng

Atap Genteng

Atap genteng merupakan atap yang paling banyak dijumpai terutama pada perumahan lama. Saat ini atap genteng bisa dibuat dari berbagai macam bahan seperti tanah liat, beton, metal atau seng, serat fiber semen atau asbes, kaca.
Kelebihan: Awet, bentuk dan warnanya bervariasi, perwatan lebih mudah
kekurangan: Harganya mahal dan beberapa jenis yang memiliki bobot yang berat sehingga membutuhkan penyangga yang kuat

2. Atap Seng

Atap Seng
Seng kerap kali dijadikan atap rumah bagi mereka yang keadaan ekonominya berada di level rendah. Karena selain bahannya yang ringan, atap dari seng ini harganya juga murah.
Kelebihan: Pemsasanganya mudah dan tidak memerlukan rangka atap yang terlalu banyak.
Kekurangan: gampang berkarat, gampang panas dan jika dilihat dari sisi penampilannya juga kurang sedap dipandang karena bentuknya lebar.

3. Atap Ijuk

 Atap Ijuk

Atap ijuk merupakan jenis atap yang dibuat dari bahan tanaman aren yang tumbuh diantara pelepahnya.
kelebihan: Dapat memberikan kesan alami dan kesejukan
kekurangan: Sulit dalam penggantian dan rawan bocor saat hujan.

4. Atap Beton

Atap Beton

Penggunaan atap beton akhir-akhir ini populer dikalangan masyarakat perumahan yang notabene bergaya minimalis dan mewah.
Kelebihan: terbuat dari serat dan juga bahan aditif tertentu, atap beton ini juga mempunyai ketahanan tinggi terhadap pelapukan, cuaca, serangga dan kebakaran.
Kekurangan: harganya yang tidak murah, juga mempunyai bobot yang pastinya lebih berat dibandingkan jenis bahan lainnya.

5. Atap Sirap

Atap Sirap

Atap Sirap biasanya dibuat dari bahan kayu besi/kayu ulin tua yang tahan cuaca.
Kelebihan: Setiap lembar sirap memiliki warna, lebar, ketebalan dan potongan yang unik sehingga terlihat alami. Sirap juga membuat rumah terasa sejuk karena tidak menyerap panas dan memberikan sirkulasi udara yang bagus bagi atap.
Kekurangan : Bahan susah didaptkan, harganya mahal, pemasangannya susah, perawatan harus teratur dan telaten.