5 Jenis Tirai Jendela Yang Cocok Digunakan Untuk Setiap Jendela Rumah

5 Jenis Tirai Jendela Yang Cocok Digunakan Untuk Setiap Jendela Rumah

5 Jenis Tirai Jendela Yang Cocok Digunakan Untuk Setiap Jendela Rumah – Jendela merupakan salah satu bagian yang ada di dalam rumah, keberadaan jendela di rumah pun biasanya selalu dibuat pada setiap ruangan rumah. Jendela rumah pun juga memiliki fungsi yang sangat penting pada setiap rumah, yaitu sebagai tempat masuknya pencahyaan dari sinar matahari dan sebagai tempat keluar masuknya udara segar yang ada di dalam rumah dan luar rumah.

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Dua Tabung Yang Benar

Selain itupun keindahan jendela harus juga di utamakan, terlebih lagi jendela selalu tersedia setiap ruangan yang ada di dalam rumah. Salah satunya penghias jendela rumah merupakan gorden atau biasa yang di sebut dengan tirai. Selain memiliki fungsi untuk mempercantik jendela ruanga, tira pun juga dapat befungsi untuk mengontrol cahaya yang terlalu terang masuk kedalam ruangan dan dapat juga untuk menghindari debu masuk kedalam ruangan yang telah terpasang jendela.

Namun masih banyak juga para pemilik rumah yang masih kebingungan dalam memilih tirai yang baik dan tepat untuk di gunakan pada setiap jendela yang ada di dalam rumah. Nah sekarang anda tidak perlu khawatir dalam hal tersebut. Anda akan mendapatkan solusinya dengan mengikuti artikel ini, agar anda lebih tau untuk memilih tirai yang cocok untuk di gunakan pada jendela rumah anda. Berikut 5 jenis tirai jendela yang cocok di gunakan pada setiap jendela rumah.

Gordyn

Gordyn

Tirai yang sering digunakan di rumah-rumah. Gordyn biasanya terbuat dari kain, Bahan kain yang dipilih dapat menciptakan nuansa tersendiri misalnya beludru yang elegan, sutra, tenun eksotis, atau bahan kain bertekstur lainnya. Motif dan warna yang digunakan perlu dipertimbangkan agar serasi dengan interior ruangan.

Roller Blinds

Roller Blinds

Kerai jenis ini jika dibuka maka akan menggulung keatas. Bahan dari tirai ini menggunakan beberapa pilihan bahan seperti kain, kanvas, kulit atau bahan katun. Roller blinds sangat cocok untuk diaplikasikan di ruang direksi, kantor manajemen, caffe, bahkan rumah tinggal yang mempunyai ukuran jendela besar.

Vitrage

Vitrage

Vitrage merupakan salah satu bentuk dari tirai, yang cenderung menggunakan bahan yang ringan dan tipis, seperti renda atau brokat , kain parasut sutera, organdi, nilon, nilon polyester, dan kain sintetis. Jenis kain yang lebih kasar dan bertekstur meliputi kain cita (kain kasa tipis), kain katun tipis, kain tenun, dan kain putih tipis. Inilah yang membedakan vitrase dari gorden, yang umum menggunakan bahan yang tebal, berat, dan rapat, seperti batik, beludru, belacu, jeans, sutera dan lain sebagainya.

Vertical Blinds

Vertical Blinds

Tirai jenis ini dibuka-tutup dengan cara menggeser dengan dibantu seutas tali, menggulung ke samping kanan/kiri, atau dilipat. Vertikal blinds merupakan tirai dengan bilah bilah vertikal berukuran lebar 10-12cm yang berjajar. Bahan dari tirai ini menggunakan beberapa pilihan bahan seperti kain, kanvas. Banyak dipakai untuk ruang perkantoran umum.

Simple Curtain

Simple Curtain

Tirai ini tergolong tirai yang sederhana, dengan satu penggantung di atas yang juga berfungsi sebagai track agar tirai bisa di buka tutup dengan cara di geser. Sesuai dengan namanya, secara tampilam tirai jenis ini berkesan simpel sehingga cocok untuk desain interior yang sederhana, casual, atau minimalis.