5 Cara Sederhana Mendekor Ruang Tamu

5 Cara Sederhana Mendekor Ruang Tamu

Cara Sederhana Mendekor Ruang Tamu – Ruang tamu merupakan bagian yang paling penting dan utama di dalam rumah, karena ruangan yang satu ini menjadi tempat berkumpul dan berbincang bersama keluarga, kerabat dan para tamu yang datang untuk bersilaturahmi. Namun, dalam mengatur ruang tamu jugalah berbeda-beda, bergantung dengan ukuran ruangan yang anda miliki. Pilihlah furnitur yang sesuai dengan ruang dan jangan terlalu memaksa memasukkan semua barang ke dalamnya. Berikut ini inspirasi desain ruang tamu sederhana yang bisa anda terapkan di dalam rumah anda.

Baca juga: Tips Desain Ruang Belajar Anak

1. Furnitur simple memberikan ruang lebih

Pilihlah furnitur dengan potongan yang lebih ringan, seperti kursi berwarna gelap untuk menyediakan tempat duduk tambahan. Hal ini akan memberikan ruang lebih pada ruang tamu sederhana anda daripada memasukkan dua sofa atau arm chair yang memiliki volume lebih besar. Kursi atau furnitur simple memiliki keunggulan dalam bentuk yang lebih aerodinamis dan memberikan nuansa lebih ringan pada ruangan.

2. Pilih Furnitur Multifungsi

Pilihlah furnitur yang memiliki multifungsi atau berfungsi sebagai furnitur sekaligus dekorasi. Misalnya, pada konsep ruang tamu sederhana, anda bisa menggunakan meja kopi dan sebuah kursi Ottoman berbahan kulit. Selain itu, bagian dalam ottoman tersebut dapat ditarik keluar dan menjadi laci penyimpanan.

Ruang kecil biasanya memang kekurangan tempat penyimpanan. Saat mendekorasi ruang tamu sederhana, menambahkan kabinet bisa menjadi solusi. Maksimalkan ruang di bawah meja. Bahkan sudut kecil pun bisa menjadi tempat bagi rak dinding. Gunakan setiap ruang yang ada dengan sebaik-baiknya, namun anda perlu berhati-hati, wadah penyimpanan dan kabinet dapat dengan cepat mengisi ruang kecil, sehingga anda dapat kembali terjebak dengan permasalahan kehabisan ruang lagi.

3. Memakai Wall Art dan Dekorasi

Meletakkan beberapa elemen yang tinggi, seperti wall art yang dipasang agak tinggi, rak buku atau lampu lantai akan menarik perhatian ke ruang vertikal dan membantu mengalihkan perhatian dari lapangnya ruang tamu. Anda dapat meletakkan layar flat screen di dinding ruang tamu sederhana untuk menggantikan banyaknya lukisan dan foto. Pasang album foto digital berisi foto-foto keluarga atau momen-momen untuk dikenang dengan sahabatmu di layar sebagai pengganti bingkai foto konvensional.

4. Perhatikan Furnitur Berukuran Kecil

Ruang tamu pada gambar di atas benar-benar hanya sebuah sudut di sebuah apartemen, tapi perhatikan beberapa furnitur yang menjadi kunci dalam penataannya—sebuah sofa, meja kopi, kursi aksen, atau rak buku. Sekilas ukuran benda-benda tersebut mungkin terlihat terlalu besar untuk ruang tamu kecil, tetapi penataan furnitur pada gambar hanya menyisakan furnitur kunci saja.

Jangan tempatkan terlalu banyak sofa atau bangku sehingga ukuran yang besar tersebut terlihat pantas di dalam ruang tamu sederhana. Anda dapat mengubahnya sedikit seperti memindahkan vas bunga di atas meja dengan nampan kecil yang digunakan untuk menaruh toples makanan atau wadah minuman yang siap disajikan setiap ada tamu yang datang.

5. Ruang Tamu Sederhana Harus Fungsional

Karena ruang tamu menjadi salah satu ruang pusat aktivitas sehari-hari, maka anda perlu mempertimbangkan aspek fungsionalitasnya. Meskipun begitu, desain ruang tamu sederhana tetap harus dibuat simple, rapi, dan jauh dari kesan berantakan serta sempit. Kunci dari desain di atas adalah menempatkan segala sesuatu pada tempatnya dan anda harus menjaganya untuk selalu terorganisir.