5 Cara Merawat Rumput Jepang

5 Cara Merawat Rumput Jepang

Cara Merawat Rumput Jepang – Rumput Jepang merupakan salah satu jenis rumput taman yang cukup banyak di gemari oleh para pemilik rumah untuk menghiasa tamannya. Sebelumnya saya telah membagikan 5 Cara Merawat Rumput Gajah Mini. Namun saat ini, anda akan mendapatkan cara untuk merawat rumput Jepang. Tak jauh berbeda dengan rumput Gajah Mini, perawatan rumput Jepang pun harus rutin di lakukan agar rumput tumbuh tak terlalu tinggi.

Jika memang ingin menggunakan rumput Jepang untuk taman rumah anda. Anda hanya perlu melakukan perawatan yang baik dan benar agar rumput itu dapat tumbuh subur. Lantas bagaimana cara merawatnya? Berikut ini adalah tips dan trik dari cara merawat rumput jepang, yakni :

1. Memastikan kebutuhan air rumput

Air merupakan sumber kehidupan yang tidak hanya dibutuhkan oleh manusia, namun juga oleh makhluk hidup lainnya seperti tanaman. Indonesia termasuk ke dalam negara tropis yang memiliki dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau. Anda tentunya tidak perlu khawatir pada saat musim hujan melanda karena rumput akan dibanjiri oleh air yang melimpah. Namun pada saat musim kemarau, Anda perlu memastikan rumput mendapatkan air yang cukup agar tidak kekeringan dan akhirnya mati.

2. Melakukan pemupukan dengan menambahkan zat organik

Jika pada manusia membutuhkan asupan makanan untuk bertahan hidup, rumput juga memerlukannya meskipun tidak dalam bentuk makanan. Rumput membutuhkan pupuk organik agar terus bertahan hidup. Tidak hanya menggunakan pupuk organik, Anda juga dapat menggunakan pupuk NPK yang baik untuk mencerahkan warna daun.

3. Memangkas rumput dan menyamakan ketinggiannya

Tingkat pertumbuhan rumput sebenarnya dipengaruhi oleh beragam faktor. Beberapa diantaranya adalah air, unsur hara, sinar matahari dan lain sebagainya. Proses penyerapan runput jepang pun tidak seragam, maka dari itu pertumbuhannya tidak akan selalu sama. Akan ada rumput yang tumbuh terlampau cepat, sedang hingga sangat lambat. Maka dari itu, Anda akan sering kali menemukan bantaran rumput dengan tinggi yang tidak seragam. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat merapikan ketinggian rumput kembali dengan menyesuaikannya pada tinggi rumput paling rendah. Maka dari itu halaman rumah minimalis sederhana Anda akan semakin indah.

4. Membersihkan rumput dari pengganggu

Tanaman pengganggu atau yang biasa disebut dengan gulma merupakan sejenis tumbuhan yang dapat hidup di tempat-tempat berbeda. Apabila kehadiran tanaman ini dibiarkan begitu saja, makan kinerja penyerapan nutrisi tanaman Anda akan terganggu. Oleh karena itu, apabila Anda melihat gulma menyerang taman Anda dan berbagai jenis bunga di taman, maka gulma tersebut harus segera di basmi. Cara paling mudah yakni dengan mencabut semua gulma yang ada, kemudian kumpulkan pada satu tempat dan bakar. Hal ini dilakukan supaya gulma tidak menyebar ke tempat-tempat lainnya.

5. Menyuntikan media tanam

Seiring dengan perjalanan waktu pertumbuhan tanaman, tanah yanh awalnya gembur dan subur akan berubah menjadi padat. Rumput jepang yang sudah Anda tanam pun akan semakin kesulitan untuk mendapatkan air dan unsur hara. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah menyuntikkan pasir serta humus ke dalam tanah. Selain cara tersebut, Anda juga dapat menusukkan garpu taman untuk melubangi media tanam dengan ukuran 10 x 3 cm dan kedalamannya sekitar 5-10 cm. Setelah selesai, humus dan unsur hara dapat dimasukkan ke dalam lubang tersebut