5 Alat Keamanan Rumah Yang Harus Di Miliki

5 Alat Keamanan Rumah Yang Harus Di Miliki

Alat Keamanan Rumah – Rumah merupakan tempat tinggal yang sangat di butuhkan oleh setiap manusia, adanya rumah juga sebagai tempat melindungi diri dari dunia luar, mau itu dalam iklim cuaca dan tindak kejahatan. Dengan begitu pastinya keamanan di dalam rumah pun harus selalu di sediakan untuk mengatasi hal yang tak di inginkan terjadi. Pastinya setiap rumah pun akan di isi dengan beberapa macam furnitur dan barang-barang berharga lainnya. Maka dari itu alat pengaman rumah sangat dibutuhkan untuk melindungi kelengkapan barang hunian. Terdapat berbagai macam jenis alat pengaman rumah yang dapat anda gunakan, dengan berbagai aplikasi dan kegunaan. Berikut alat pengaman rumah harus di miliki setiap penghuni rumah:

Baca juga: Tips Membangun Rumah Sederhana Dan Unik

1. 3G Wireless Camera Alarm

3G wireless camera alarm merupakan sebuah alat pengaman yang dapat berfungsi untuk menjaga rumah dari tamu yang tidak diinginkan. Alat ini bekerja dengan sistem sensor yang akan mendeteksi jika terdapat seseorang tidak dikenal. Melalui sensor tersebut, sistem alarm akan mengirimkan sebuah gelombang sinyal untuk kamera 3G. Secara otomatis kamera akan aktif dan mengambil gambar, yang kemudian akan dikirimkan melalui pesan singkat pada nomor ponsel yang telah di daftarkan sebelumnya.

2. Glass Break Alarm

Selain kamera pengaman, alat pengaman rumah yang satu ini juga tidak kalah hebatnya. Tidak lain adalah glass break alarm atau sebuah peringatan yang berasal dari getaran kaca. Alat ini digunakan untuk mencegah masuknya maling atau orang yang tidak dikenal ke dalam rumah. Pengaplikasiannya dapat diletakkan pada jenis kaca rumah atau juga pada pintu rumah yang berbahan dasar kaca. Pada saat kaca mengalami getaran, secara otomatis alarm akan berbunyi dan seisi rumah akan mengetahui bahaya yang datang.

3. Door Sensor

Jenis pengaman yang satu ini mungkin sudah banyak dikenal di khalayak masyarakat. Ya, door sensor memang sudah banyak digunakan untuk mengamankan rumah tinggal. Alat ini nantinya akan dipasang di beberapa titik pintu rumah, untuk mendeteksi apabila terdapat upaya pembukaan pintu secara paksa. Apabila alat telah diaktifkan, maka secara otomatis alarm akan berbunyi jika ada hal-hal yang mencurigakan terjadi pada pintu rumah.

4. Tabung Pemadam Kebakaran

Meskipun tidak berperan sebagai pendeteksi bahaya, tabung pemadam kebakaran juga penting dimiliki pada rumah tinggal. Alat ini berfungsi untuk melindungi rumah dari bahaya kebakaran. Maka dari itu, peletakan tabung haruslah strategis dan terjangkau dari berbagai tempat. Namun ingatlah bahwa tabung ini juga memiliki tanggal kadarluarsa. Maka dari itu, anda perlu memeriksanya beberapa kali dalam waktu satu bulan.

5. Liquid Detector

Liquid detector biasanya akan mulai berfungsi apabila musim hujan telah tiba. Dengan alat ini, anda akan mengetahui apabila terjadi kebocoran air di dalam rumah tinggal. Alat ini juga dapat mendeteksi datangnya banjir yang masuk ke dalam rumah. Untuk anda yang tinggal di daerah rawan banjir, alat ini sangat direkomendasikan untuk digunakan