5 Alat-alat Kebersihan Rumah Yang Wajib Dimiliki

5 Alat-alat Kebersihan Rumah Yang Wajib Dimiliki

Alat Kebersihan Rumah – Kebersihan menjadi hal utama yang akan memberikan kenyamanan bagi setiap penghuni rumah agar menjadi lebih betah lagi di dalam rumah. Kegiatan bersih-bersih pastinya di lakukan setiap harinya, agar rumah tetap bersih dan para penghuni tetaplah sehat. Namun jika melakukan kegiatan kebersihan hanya di lakukan oleh satu orang anggota keluarga saja, tentunya akan menjadi semakin lama untuk meyelesaikan tugas tersebut. Nah anda tentunya bisa meminta bantuan dari anggota keluarga lainnya, seperti anak dan suami, dengan begitu pastinya pekerjaan akan semkin ringan dan menjadi cepat selesai.

Baca juga: Tips Memilih Meja Makan Yang Tepat

Selain itu juga, jika ingin melakukan kegiatan kebersihan, tentunya harus memiliki beberapa alat yang akan membantu proses dalam kegiatan bersih-bersih. Dengan adanya alat-alat itu, maka akan sangat membantu dan berguna. Jika anda barusan memiliki rumah baru/baru saja pindah rumah, ada beberapa macam alat kebersihan yang harus anda miliki ya gaes. Berukit beberapa di antarnya alat yang harus anda miliki itu.

1. Spons

 

Anda mungkin tahu fungsi spons sebagai alat pencuci makanan. Tapi spons juga dapat digunakan untuk membersihkan perabotan lainnya seperti pajangan dan guci-guci di rumah. Anda dapat menggunakan bantuan air dan sabun untuk membersihkannya.

2. Sapu dan pengki

Sapu dan pengki adalah peralatan utama yang digunakan jika anda ingin menyapu rumah. Sapu membantu untuk mengumpulkan sampah dan kotoran yang berjatuhan di lantai rumah, sementara pengki adalah alat yang digunakan untuk mengangkat sampah dan membawanya masuk ke dalam tempat sampah. Biasanya sapu tradisional terbuat drai bahan ijuk, namun kini produksi yang lebih modern menghasilkan sapu yang terbuat dari olahan plastik.

3. Lap

Benda satu ini diperlukan untuk membersihkan bagian permukaan dari berbagai perabotan, seperti meja, kursi, perabot elektronik, pajangan dan masih banyak lagi. Pilihlah lap berbahan katun yang tidak mudah sobek. Lap microfiber yang merupakan campuran dari bahan polyster dan nylon juga bisa menjadi pilihan. Meskipun harganya cenderung lebih mahal, namun juga awet dan bisa membersihkan kotoran lebih menyeluruh dibandingkan lap biasa.

4. Kain pel

Lantai yang tidak bersih dan kotor merupakan salah satu ciri-ciri rumah tidak sehat. Untuk itu, melakukan pembersihan seperti mengepel lantai sangatlah penting. Untuk mengelap lantai ini, anda akan membutuhkan kain pel, yang berfungsi menyerap campuran air dan sabun sebagai pembersih lantai. Kain pel juga terdapat dua varian, ada yang menggunakan tongkat atau gagang serta ada yang tidak. Namun supaya tidak terlalu lelah, anda dapat menggunakan kain pel bertongkat.

5. Sapu lidi

Sapu lidi sudah ada sejak zaman dahulu, dimana alat kebersihan ini merupakan sebuah penggabungan dari kumpulan lidi yang kemudian diikat. Sapu lidi terbagi menjadi dua, ada yang menggunakan gangang yang bisa difungsikan untuk menyapu halaman, atau tanpa menggunakan gagang yang dapat difungsikan untuk menyapu kasur.